klick

Wednesday, October 3, 2018

119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018

119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Isi: Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya. Akreditasi sekolah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional-Standar Minimal (BAN-SM). Tujuannya untuk menjaga kualitas suatu lembaga pendidikan formal sehingga paling tidak lembaga tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) terhadap masyarakat.
Download Bukti Fisik Akreditasi 2018 Standar Isi Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya

Dalam artikel ini dibahas mengenai bukti fisik akreditasi yang harus disiapkan oleh sekolah berkaitan dengan 8 Standar Akreditasi. Disini yang dibahas adalah Standar 1 yaitu Standar Isi. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.

STANDAR ISI
No Instrumen 1
Bukti Fisik
1. Dokumen :
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai (Sikap Spiritual Siswa)

b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap spiritual Siswa/Pengauatan Pendidikan Karakter Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sepiritual/pendidikan karakter

c) Rancangan dan hasil Penilaian sikap Spiritual , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap spiritual

d) Program Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa kegiatan keagamaan misalnya : Pesantren kilat, Ceramah Keagamaan, baca tulis Alquran, Retret atau kegiatan lainnya
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)

2. Wawancara dengan Guru Kelas/Guru Mapel
Pedoman wawancara :
1. Pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah/madarosah

No Instrumen 2
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai(sikap Sosial)

b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap sosial Siswa/Penguatan Pendidikan Karakter Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sosial/pendidikan karakter

c) Rancangan dan hasil Penilaian sikap Sosial , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap sosial

d) Program dan Hasil Kegiatan Ekstrakurikuler berupa kegiatan krida, misalnya : Keramukaan, PMR, UKS, Paskibra, dan lainnya. Latihan olah bakat latihan olah minat, misalnya : Pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya dan lain-lain.
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)

2. Wawancara dengan guru kelas/Mapel tentang perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap sosial
Pedoman wawancara:
Menanyakan tentang perangkat pembelajaran yang memuat  sikap kejujuran, kedisiplinan, sopan santun, percaya diri, peduli dan bertanggungjawab.

No Instrumen 3
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran  guru  yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 3( Pengetahuan ) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi pengetahuan

b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan Pemetaan kompetensi Pengetahuan Siswa

c) Program Kegiatan Ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja(KIR), Kegiatan penguasaan keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya.
Untuk SD/MI Les mapel dan pembinaan lomba akademik

2. Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mapel

No Instrumen 4
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran  guru  yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 4( Keterampilan) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Kegiatan intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, 6 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi keterampilan

b) Buku Pelajaran
Memeriksa buku pelajaran yang ada di sekolah dari kelas 1 sampai kelas 6, memenuhi perbandingan 1:1 atau tidak.
c) Hasil tugas intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

d) Penilaian ketrampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portopolio, berupa kegiatan pengamatan guru seperti menyanyi, bermain peran dan menari, atau produk siswa seperti poster, karangan, puisi dan lain-lain.

2. Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti Ketrampilan dan kompetensi dasar pada setiap mapel

No Instrumen 5
Bukti Fisik Khusus Mapel PAI

1. Dokumen
a) Prota dan Prosem.

b) Perangkat Pembelajaran

c) buku yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

d) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan siswa

2. Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.

No Instrumen 6
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap Kelas setiap semester.
RPP Tematik terpadu pada setiap kelas tiap semester

b)Silabus dan RPP Pembelajaran Tematik Terpdu pada semua tingkat kelas dan kesesuaiannya dengan buku guru dan buku siswa.
Pemeriksaan kesesuaian antara silabus, RPP dengan buku guru dan buku siswa

c) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Memeriksa notulen KKG yang membahas tentang kompetensi pengetahuan

2. Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas IV, V dan VI
Pedoman Wawancara : Menayakan kepada siswa tentang pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah

No Instrumen 7
Bukti Fisik
1. SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
Download  SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah

2. Daftar Hadir Kegiatan Pengembangan Kurikulum

3. Daftar Hadir Nara Sumber

4. Berita Acara Pengembangan Kurikulum
Download Berita Acara Pengembangan Kurikulum
5. Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum

No Instrumen 8
Bukti Fisik
1. Dokumen KTSP bagian Kerangka Dasar sesuai dengan Pedoman Pengembangan KTSP
Memeriksa Kerangka Dasar KTSP yang meliputi : 1) Perumusan Visi Missi dan Tujuan sekolah, 2) Pengorganisasian muatan kurikuler sekolah, 3) Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas, 4) Penyususnan Kaldik Sekolah, 5) Penyusunan silabus muatan atau mapel Mulok, 6) Penyusunan RPP Seiap Mupel

2. Dokumen Silabus mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan silabus Mata Pelajaran lainnyatermasuk muatan lokaldalam betuk soft copy  dan hard copy
Memeriksa dokumen kurikulum muatan lokal yang ada di sekolah

No Instrumen 9
Bukti Fisik
Dokumen KTSP yang telah disahkan Oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
Memeriksa dokumen kurikulum yang berlaku ditahun berjalan dan tahun sebelumnya.

No Instrumen 10
Bukti Fisik
1. Struktur kurikulum di sekolah/madarosah

2. Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
Memeriksa Program Kegiatan mandiri terstruktur dan Program mandiri tidak terstruktur, bukti pelaksanaan (hasil kerja siswa).
Download Program Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3. Jadwal pelajaran, Daftar hadir, dan RPP

4. Hasil belajar seni budaya, prakarya dan kewirausahaan
Memeriksa bukti foto dokumen seni budaya, hasil karya siswa dan hasil kewirausahaan

5. Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
Memeriksa laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang menerangkan terlaksananya atau tidak terlaksananya suatu program

21 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Proses: Instrumen 11-31 Lengkap Dengan Penjelasannya
Delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Delapan standar tersebut meliputi (1) Standar Isi (2) Standar Proses (3) Standar Kompetensi Lulusan (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (5) Standar Sarana dan Prasarana (6) Standar Pengelolaan (7) Standar Pembiayaan (8) Standar Penilaian Pendidikan.
Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Proses
Dalam artikel ini dibahas mengenai bukti fisik akreditasi yang harus disiapkan oleh sekolah berkaitan dengan 8 Standar Akreditasi. Disini yang dibahas adalah Standar 2 yaitu Standar Proses dan bukti fisik yang harus disediakan.

Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.
Instrumen no 11
Bukti fisiknya Silabus semua kelas, semua pelajaran.

Instrumen no 12
Bukti fisiknya RPP semua kelas semua pelajaran.

Instrumen no 13
Bukti fisiknya Jadwal Pembelajaran,kalender akademik, SK PBM dan SK Pembagian Tugas Tambahan, Dokumen Silabus setiap mata pelajaran.

Instrumen no 14
Bukti fisiknya Data siswa atau absensi siswa per kelas maksimal 28 siswa perkelas untuk mendapat nilai A.

Instrumen no 15
Bukti fisiknya RPP pada Sumber Bahan.
Daftar Inventaris Kelas atau Buku inventaris kelas.
Wawancara dengan siswa tentang ketersediaan dan penggunaan buku teks pelajaran.

Instrumen no 16
Bukti fisiknya Pengamatan  PBM di 1-2 kelas dengan memperhatikan keterlaksanaan 12 hal Instrumen pengamatan (Download Instrumen pengamatan PBM)
Rekap Hasil Supervisi Kelas oleh KS ( Download format Rekap hasil supervisi)

Instrumen no 17
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan kegiatan pendahuluan dan kesesuaian RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran
Rekap Hasil Supervisi Kelas oleh KS

Instrumen no 18
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan model pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 19
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan metode pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 20
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan media pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 21
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan menelaah sumber belajar yang dipakai.
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 22
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan pendekatan pembelajaran
Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 23
Bukti fisiknya Pengamatan PBM dengan memperhatikan pelaksanaan langkah penutup pembelajaran

Instrumen no 24
Bukti fisiknya Instrumen penilaian otentik ( Bank Soal )
Bukti Pelaksanaan Penilaian otentik (Buku Pekerjaan Siswa/Edaran A dan B)
Hasil Penilaian Otentik (Daftar Nilai )

Wawancara dengan guru dan siswa

Instrumen no 25
Bukti fisiknya Pemanfaatan hasil evaluasi  ( Program Perbaikan / Remidi,Program Pengayaan)
Hasil Perbaikan dan Pengayaan ( Buku Analisis Hasil Evaluasi )

Instrumen no 26
Bukti fisiknya Bukti perencanaan dan pelaksanaan pengawasan proses pembelajaran  yang dilakukan oleh kepala sekolah ,serta tindak lanjut hasil pengawasan dalam peningkatan mutu secara berkelanjutan.( Program Pelaksanaan Pengawasan PBM,Jadwal pelaksanaan,Instrumen Pengawasan ,Rekap Hasil Pengawasan,Penugasan guru ,kepala sekolah dalam kegiatan peningkatan professional . (Download contoh Program Pengawasan/Supervisi Kepala Sekolah)
Wawancara dengan guru tentang pelaksanaan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah.

Instrumen no 27
Bukti fisiknya Bukti Pelaksanaan Supervisi proses pembelajaran terhadap guru yang dilakukan oleh kepala sekolah atau guru senior yang diberi wewenang oleh kepala sekolah. (Rekap Hasil Pengawasan)

Instrumen no 28
Bukti fisiknya Dokumen bukti pemantauan proses pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah. ( Instrumen Pelaksanaan pemantauan PBM,Kegiatan Diskusi,Pengamatan,Pencatatan,Perekaman,Wawancara,Pendokumentasian)
Download Instrumen Pemantauan Pelaksanaan PBM

Wawancara dengan guru tentang pelaksanaan pemantauan. Wawancara dengan siswa tentang pelaksanaan pemantauan.

Instrumen no 29
Bukti fisiknya Bukti Tindak Lanjut Supervisi( Kegiatan Pemberian Contoh, Diskusi,Konsultasi,Pelatihan)

Instrumen no 30
Bukti fisiknya Laporan hasil pemantauan,supervise,dan evaluasi proses pembelajaran.
Program tindak lanjut  pengawasan.( Download contoh Laporan Pemantauan/Supervisi)

Instrumen no 31
Bukti fisiknya Bukti pelaksanaan tindak lanjut pengawasan.(Surat tugas PKB,STTPL,SK Pemberian penghargaan kepada guru yang telah berhasil mengikuti kegiatan peningkatan professional,Piagam Penghargaan).(Download contoh tindak lanjut hasil pengawasan/sipervisi)

Wawancara dengan guru tentang tindak lanjut hasil pengawasan.

Instrumen No 32
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME ,sesuai perkembangan siswa yang diperoleh dari pengalaman siswa 
dalam pembelajaran melalui pembiasaan :
(1) integrasi pengembangan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran,
(2) berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan,
(3) santun dalam berbicara dan berperilaku,
(4) berpakaian sopan sesuai aturan sekolah / madrasah,
(5) mengucapkan salam saat masuk kelas,
(6) melaksanakan kegiatan ibadah,
(7) menyukuri setiap nikmat yang diperoleh,
(8) menumbuhkan sikap saling menolong / berempati, 
(9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai fasilitas sekolah sekolah / madrasah.
Bukti fisiknya:
1.Dokumen 
a.Program Pembiasaan yang ada di Sekolah/Madarsah  dan bukti pelaksanaan program dapat didownload pada link di bawah

b.Foto2 kegiatan yang mencerminkan sikap religius siswa

2.Observasi lingkungan tentang aktifitas yang dilakukan oleh siswa
baik dalam kegitan intrakurikuler,kokurikuler dan ekstrakurikuler.
idikan dan komite.

3.Wawancara dengan kepala sekolah,guru,tenaga pendidikan dan 
komite sekolah

Download Contoh Program pembiasaan, Berita acara, Daftar hadir rapat, Notulen,Undangan
Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal pembiasaan, SK Pembagian Tugas
PBM dan tugas lain. Foto Sholat berjamaah, Duha dll.
Foto antre masuk kelas, WC, Perpus dll.
Tata tertib sekolah (Download  contoh Tata Tertib Sekolah), kelas, Perpus.
Dokumen hasil pengamatan PBM, Kokurikuler, Ekstrakurikuler.
Dokumen kegiatan Ekstrakurikuler ( Program,Jadwal,Daftar Hadir,Pelaksanaan, Evaluasi Program)
Instrumen No 33.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter :
(1) jujur dan bertanggung jawab ,
(2) peduli,
(3) gotong-royong dan demokratis,
(4) percaya diri,
(5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan.
Bukti Fisik:
1.Dokumen
a.Program pembiasaan Sekolah/Madrasah. Jadwal, dan Laporan pelaksanaan kegiatan serta evaluasi.
b.Dokumentasi kegiatan. (Foto kegiatan yang berkaitan pengembangan karakter).

2.Observasi aktifitas siswa terkait dengan pengembangan karakter.

3.Wawancara dengan guru kelas dan siswa.

Instrumen No 34.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah/madrasah, meliputi:
(1) perencanaan dan penilaian program literasi,
(2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi,
(3) membaca buku,
(4) lomba terkait literasi,
(5) memajang karya tulis, 
(6) penghargaan berkala untuk siswa,
(7) pelatihan literasi

Instrumen no 39
Bukti fisik
Dokumen Ijazah setiap  guru, Prosentase guru yang berijah SI PGSD/ PGMI /  sudah linier

Instrumen no 40
Bukti fisik
Telaah dokumen Sertifikat Pendidik yang dimiliki guru, Prosentase guru yang memiliki sertifikat pendidik

Instrumen no 41 
Bukti fisik
Dokumen Ijazah setiap guru, Prosentase guru yang berijazah S1 PGSD/ PGMI/ sudah linier

Instrumen no 42 
Bukti fisik
1. Surat Tugas Mengajar
2. Ijazah / sertifikat pendidik yang dimiliki guru sesuai penugasanya

Instrumen no 43
Bukti fisik
1. Menelaah RPP guru sesuai kurikulum yang berlaku
2. Mengamati Proses Pembelajaran dikelas I sd VI yang dipilih Asesor
3. Menelaah hasil PTK yang dibuat guru.
Prosentase guru yang memiliki kompetensi paedagogik

Instrumen no 44 
Bukti fisik
1. Mengamati pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas
2. Melihat kesesuaian antara RPP  dan pelaksanaan pembelajaran
3. Melihat Rekapitulasi hasil UKG
4. Laporan hasil Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB), Laporan Diklat dll
5. PTK yang dibuat Guru
Prosentase Guru yang memiliki kompetensi profesional

Instrumen no 45 
Bukti fisik
1. Dokumen Pernyataan Kepala Sekolah/ madrasah bahwa tidak ada guru yang tersangkut perkara criminal dan idak pengaduan dari masyarakat atau pakta integritas dalam satu tahun rerakhir
Download Pernyataan Kepala Sekolah/ madrasah bahwa tidak ada guru yang tersangkut perkara criminal 
2. Wawncara dengan kepala sekolah/Madrasah, Komte, dan beberapa siswa.
Prosentase Guru yang memiliki kompetensi kepribadian

Instrumen no 46 
Bukti fisik
Wawancara kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite, dan beberapa siswa.
- Buku Humas
- Peran serta guru dalam kehidupan bermasyarakat dibuktikan dengan dokumen (SK kepengurusan organisasi kemasyarakatan seperti LKMD, PKK, takmir masjid, dll.)
Prosentase Guru yang memiliki kompetensi sosial

Instrumen no 47 
Bukti fisik
1. Dokumen program BK
2. Dokumen pelaksanaan BK
3. Pedoman wawancara dan assessment dengan siswa.
4. Dokumen hasil layanan konseling.
Prosestase guru yang melaksanakan tugas layanan BK

Instrumen no 55
Bukti fisik
Dokumen yang memuat luas lahan bangunan S/M. Bandingkan luas lahan tersebut dengan luas lahan minimum sesuai jumlah rambel dan jumlah lantai

Instrumen no 56
Bukti fisik
1. Mengamati lingkungan
2. wawancara dengan berbagai pihak terkait sarpras.

Instrumen no 57
Bukti fisik
Dokumen yang memuat luas lantai bangunan S/M. Bandingkan luas lahan tersebut dengan luas lantai minimum sesuai jumlah rambel dan jumlah lantai .

Instrumen no 58
Bukti fisik
1. Mengamati kondisi bangunan meliputi :
a. konstruksi yang kukuh dan stabil
b. Perangkat pencegahan bahaya kebakaran,
c. Penangkal petir.
2. Wawancara dengan berbagai pihak terkait dengan sarpras.

Instrumen no 59
Bukti fisik
1. Mengamati kondisi bangunan S/M dan sarpras yang ada,meliputi :
a. ventilasi,
b. pencahayaan,
c.  sanitasi,
d. tempat sampah,
e. bahan bangunan
2. Wawancara dengan berbagai pihak terkait dengan sarpras.

Instrumen no 60
Bukti fisik
1. Melihat ketersediaan penerangan listrik di semua ruangan.
2. Rekening pembayaan listrik.

Instrumen no 61
Bukti fisik
1. Melihat kondisi fisik.
2. Dokumen pelaksanaan pemeliharaan S/M
Download Contoh Program pengelolaan, pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana

Instrumen no 62
Bukti fisik
Melihat ketersediaan dan kondisi prasarana yang dimiliki S/M . Khusus perpustakaan dan laboratorium dibuktikan dengan adanya jadwal penggunaan dan laporan kegiatan .

Instrumen no 63 Dibuktikan dengan hasil pengamatan/observasi di lokasi dan wawancara engan berbagai pihak/wakil sarpras

Instrumen no 64 Dibuktikan dengan memeriksa ruang dan pemanfaatan perpustakaan, katalog/e-katalog, perabot, media pembelajaran, dan perlengkapan lain

Instrumen no 65 Dibuktikan dengan mengamati alat peraga yang tersedia di S/M.

Instrumen no 66 Dibuktikan dengan memeriksa ruang pimpinan, perobot, dan perlengkapan lain

Instrumen no 67 Dibuktikan dengan memeriksa ruang guru, perabot, dan perlengkapan lain

Instrumen no 68 Dibuktikan dengan memeriksa tempat ibadah, perabot, dan perlengkapan lain.

Instrumen no 69 Dibuktikan dengan memeriksa ruang UKS, perabot, dan perlengkapan lain

Instrumen no 70 Dibuktikan dengan memeriksa jamban dan perlengkapan lain

Instrumen no 71 Dibuktikan dengan memeriksa ruang simpan/gudang dan perabot.

Instrumen no 72 
Dibuktikan dengan memeriksa keberadaan dan kemanfaatan tempat bermain/tempat olah raga, peralatan pendidikan, dan perlengkapan lain

Instrumen no 73 Dibuktikan dengan memeriksa ruang sirkulasi.

Instrumen no 74 Dibuktikan dengan memeriksa  kantin.

Instrumen no 75 Dibuktikan dengan memeriksa tempat parkir.
1) Menempati area tersendiri
2) Dibuat dengan mengikuti standar perda
3) Memiliki sistem pengamanan
4) Dilengkapi rambu-rambu lalu lintas sesuai keperluan

Jenis Prasarana Sekolah/Madrasah Dan Standar SarPras
1. Ruang kelas
1)  Fungsi  ruang  kelas  adalah  tempat  kegiatan  pembelajaran  teori, praktik yang tidak         memerlukan       peralatanm khusus, atau praktik dengan alat khusus yang mudah dihadirkan.
2)  Jumlah minimum ruang kelas sama dengan banyak rombongan belajar.
3)  Kapasitas maksimum ruang kelas adalah 28 siswa .
4)  Rasio minimum luas ruang kelas adalah 2m2/siswa. Untuk rombongan   belajar   dengan   siswa kurang   dari   15   orang,   luas minimum  ruang  kelas  adalah  30  m2.  Lebar  minimum  ruang  kelas adalah 5 m.
5)  Ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan pandangan ke luar ruangan.
6)  Ruang  kelas  memiliki  pintu  yang  memadai  agar  siswa dan  guru dapat segera keluar ruangan jika terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik saat tidak digunakan.
7)  Ruang kelas dilengkapi sarana

1. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Kelas

1.1. Kursi siswa (rasio 1 kursi/siswa)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai dengan kelompokusia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan dimensinya untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain dudukan dan sandaran membuat siswa nyaman belajar.

1.2. Meja siswa (rasio 1 meja/siswa)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai dengan kelompokusia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan dimensinya untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain memungkinkan kaki siswa masuk dengan leluasa ke bawah meja.

1.3. Kursi guru (rasio 1 kursi/guru)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman.

1.4. Meja guru (rasio 1 meja/guru)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman

1.5. Lemari (rasio 1 buah)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan perlengkapan yang diperlukan kelas. Tertutup dan dapat dikunci.

1.6. Rak hasil karya siswa (rasio 1 buah)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk meletakkan hasil karya seluruh siswa yang ada di kelas. Dapat berupa rak terbuka atau lemari.

1.7. Papan pajang (rasio 1 buah)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran minimum 60cm x 120cm.

2. Peralatan Pendidikan
2.1. Alat peraga (lihat daftar sarana laboratorium IPA, Agama, PKn, Bahasa (Indonesia, Jawa, Inggris/lainnya), Matematika, IPS, SBK, Penjasorkes

3. Media Pendidikan
3.1. Papan tulis (rasio 1 buah)
Kriteria Standar:
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran minimum 90cm x 200cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh siswa melihatnya dengan jelas.

4. Perlengkapan Lain
4.1. Tempat sampah (rasio 1 buah)
4.2. Tempat cuci tangan (rasio 1 buah)
4.3. Jam dinding (rasio 1 buah)
4.4. Kotak kontak (rasio 1 buah)

2. Ruang perpustakaan
1) Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan siswa dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca,  mengamati,  mendengar,  dan sekaligus tempat petugas pengelola perpustakaan.
2) Luas  minimum  ruang  perpustakaan  sama  dengan  luas  satu  ruang kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan adalah 6 m.
3) Ruang perpustakaan dilengkapi jendela untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku.
4) Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah/madrasah yang mudah dicapai.
5) Ruang perpustakaan dilengkapi sarana

Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan
1.1. Buku teks pelajaran (1 eksemplar/mata pelajaran/siswa, ditambah  2 eksemplar/mata pelajaran/sekolah)
1.2. Buku panduan pendidik (1 eksemplar/mata pelajaran/guru mata pelajaran bersangkutan, ditambah 1 eksemplar/ mata pelajaran/sekolah)
1.3. Buku pengayaan (840 judul/sekolah)
1.4. Buku referensi (10 judul/sekolah)
1.5. Sumber belajarlain (10 judul/sekolah)

2. Perabot
2.1. Rak buku (1 set/sekolah)
2.2. Rak majalah (1 buah/sekolah)
2.3. Rak surat kabar (1 buah/sekolah)
2.4. Meja baca (10 buah/sekolah)
2.5. Kursi baca (1 buah/sekolah)
2.6. Kursi kerja (1 buah /petugas)
2.7. Meja kerja/sirkulasi (1 buah /petugas)
2.8. Lemari katalog (1 buah /sekolah)
2.9. Lemari (1 buah/ruang)
2.10. Papan pengumuman (1 buah /sekolah)

Instrumen no 76
Bukti Fisik
1. Dokumen visi misi dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan oleh Kepala sekolah
Contoh visi misi dan tujuan sekolah
Visi, Misi, Tujuan dan Profil Sekolah SDN .......... 2017/2018
Visi Sekolah
"Terbentuk dan Terwujudnya warga sekolah yang unggul dalam Mutu Santun dalam perilaku berdasarkan Iman dan Taqwa serta mempunyai kecakapan hidup"

Misi Sekolah
a. Melaksanakan Pembelajaran Tematik Integrated, menggunakan Pendekatan Scientific dan Penilaian Outentik;
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara PAKEM sebagai upaya mewujudkan sekolah  sebagai pusat keunggulan dalam berprestasi;
c. Melaksanakan kegiatan keagamaan baik secara akademik maupun non akademik agar siswa berbudi pekerti luhur;
d. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler untuk memupuk bakat dan kreatifitas peserta didik;
e. Memberikan keteladanan budi pekerti luhur melalui pembiasaan budaya adiluhung Jawa
f. Menumbuhkembangkan kecintaan terhadap seni budaya bangsa;
g. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan Sekolah
Tujuan yang ingin di capai SD Negeri ...... Terlaksana Pembelajaran Tematik Integrated, Pendekatan Scientific dan Penilaian Outentik;
a. Tercipta Manajemen Sekolah  yang partisipasif, transparan dan akuntabel.
b. Terselenggara Proses Belajar Mengajar yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
( PAKEM )
c. Terwujud peran serta masyarakat yang optimal
d. Peningkatan prestasi akademik dan non akademik
e. Memfasilitasi kegiatan dalam rangka pemupukan bakat dan kreatifitas peserta didik.
f. Meningkatkan kegiatan keagamaan melalui praktik Tadarus Al’Quran, pembinaan akhlakulkarimah serta praktik sholat berjamaah.
g. Membudayakan semboyan “ S3 “ ( Senyum, Salam, Sapa ).
h. Meningkatkan layanan perpustakaan.
i. Meningkatkan penerapan pendidikan karakter bangsa.
j. Mengembangkan budaya sekolah meliputi bidang agama,olahraga dan seni
k. Terciptanya kerukunan warga sekolah yang kondusif melalui pendidikan karakter bangsa
l. Terciptanya kerukunan warga sekolah yang kondusif melalui pendidikan karakter bangsa


2. Berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan, penetapan, peninjauan kembali visi, misi dan tujuan
Contoh Berita Acara

BERITA ACARA
RUMUSAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SD NEGERI ......
TH PELAJARAN 2017/ 2018

Bahwa pada hari senin tanggal tiga bulan Agustus tahun dua ribu tujuh belas bertempat di SD Negeri ......... UPT Dinas Pendidikan Unit Kecamatan ...... telah diadakan musyawarah perumusan, penetapan, peninjauan kembali visi, misi, dan tujuan SD Negeri ........ Tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang dihadiri :
a) Kepala SD Negeri ......
b) Guru/ Karyawan SD Negeri ......
c) Komite SD Negeri .........

Dalam musyawarah diambil kesepakatan sebagai berikut :
a) Merumuskan Visi SD Negeri ....
b) Merumuskan Misi SD Negeri ....
c) Merumuskan Tujuan SD Negeri ....
d) Bertanggung jawab untuk mensukseskan Visi, Misi, dan Tujuan SD Negeri ....

Demikian berita acara ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya

............., 03 Agustus 2017
Kepala SD N ........




.................                                                                                                                                                    
NIP. ............

Berita acara dilampiri daftar hadir dan tanda tangan

3. Dokumen sosialisasi visi ,misi,dan tujuan sekolah (undangan, daftar hadir, notulen).
4. wawancara dengan warga sekolah, komite dan pihak pihak pemangku kepentingan tentang perumusan dan sosialisasi visi, misi,dan tujuan sekolah

Instrumen no 77
Bukti Fisik
1. dokumen RKJM,dan RKT yangdi sahkan oleh kepala UPTD Pendidikan. Silahkan Download contoh RKJM,dan RKT
2. Kesesuaian antara RKJM, RKT dg hasil EDS ,SPMI
3. Dokumen bukti rapat tim pengembang sekolah dalam penyusunan RKJM dan RKT. Download bukti rapat tim  sekolah, berita acara  penyusunan RKJM dan RKT

Instrumen no 78
Bukti Fisik
1. Dokumen  aspek pengelolaan ,meliputi :
1). KTSP
2). Kaldik

3). Struktur organisasi sekolah (Download Contoh Struktur organisasi)
4). Pembagian tugas diantara guru ( SK Semester )
5). Pembagian tugas diantara tenaga kependidikan
6). Peraturan akademik ( Silahkan lihat contoh Peraturan Akademik dengan cara klik link )
7). Tata tertib sekolah
8). Kode etik sekolah
9). Biaya oprasional sekolah

Instrumen no 79
Bukti Fisik
1. Dokumen bukti rapat penyusunan struktur organisasi sekolah (Undangan,daftar hadir,notulen,berita acara).
2. SKKS tentang penetapan struktur organisasi sekolah (Download contoh SKKS tentang penetapan struktur organisasi sekolah)
3. Bukti sosialisasi kepada semua warga sekolah dan pihak-pihak pemangku kepentingan (Undangan,daftar hadir,notulen,berita acara).
4. Bagan /struktur organisasi sekolah
5. Rincian tugas setiap personil dalam struktur organisasi

Instrumen no 80
Bukti Fisik
1. Laporan pelaksanaan kegiatan dari RKT (Download Contoh Laporan pelaksanaan  RKT)

Instrumen no 81
Bukti Fisik
1. Administrasi PPDP, SK Panitia PPDP,Juknis PPDP, Buku S1 dan S2).
2. Buku layanan konseling oleh guru kelas (Lihat dan download layanan konseling)
3. Dokumen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan (Daftar hadir dan dokumen foto kegiatan).
4. Dokumen pelaksaan pembinaan prestasi (Daftar hadir dan dokumen foto kegiatan).
5. Buku penelusuran alumni (Download Buku Penelusuran Alumni)

Instrumen no 82
Bukti Fisik
1. Dokumen KTSP
2. Kalender pendidikan
3. Program pembelajaran
4. Dokumen Penilaian
5. Peraturan Akademik ( Lihat pada Link berikut, Klik saja)

Instrumen no 83
Bukti Fisik
1. Data usulan pemenuhan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan
2. SKKS pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan. (Download contoh SK Tugas Tambahan)
3. Buku pengembangan dan promosi pendidik dan tenaga kependidikan
4. SKKS tentang pemberian penghargaan dan bukti pelaksanaan pemberian penghargaan. (Download SKKS tentang pemberian penghargaan)

Instrumen no 84
Bukti Fisik
1. Kesesuaian tugas dari KS dengan latar pendidikannya
2. Daftar hadir pendidik dan tenaga kependidikan
3. Piagam,sertifikat dan penghargaan lainnya
4. Piagam atau surat keterangan keikutsertaan dalam berbagai lomba
5. Hasil PK guru dan penilaian tenaga kependidikan

Instrumen no 85
Bukti Fisik
1. Dokumen pengelolaan biaya investasi dan oprasional ( Buku pedoman pengelolaan BOS )
2. Berita acara kegiatan penyusunan pedoman pengelolaan biaya investasi dan oprasional

Instrumen no 86
Bukti Fisik
1. Laporan kegiatan kerjasama bidang : pendidikan,kesehatan,kepolisian,keagamaan,kemasyarakatan,dunia usaha,pengembangan minat bakat
2. Dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan/lembaga lain yang relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah, seperti:
a) Penyusunan Program kegiatan sekolah
b) Pelaksanaan program kegiatan
c) MoU dengan lembaga lain dan sebagainya

Instrumen no 87
Bukti Fisik
1.Dokumen laporan EDS / SPMI (Dokumen EDS/SPMI setiap tahun dalam 3 tahun terakhir).
Download  Contoh laporan EDS / SPMI

Instrumen no 88
Bukti Fisik
1. Penjabaran Visi kedalam misi target mutu
2. Merumuskan tujuan dan target mutu yang akan di capai
3. Menganalisis SWOT (ada dalam EDS/SPMI)
4. Membuat RKS dan RKT untuk pelaksanaan peningkatan mutu
5. Melibatkan guru dan komite dalam pengambilan keputusan (dokumen bukti rapat)
6. Meningkatkan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan
7. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa
8. Meningkatkan mutu pendidikan
9. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga

Instrumen no 89
Bukti Fisik
1. Observasi lingkungan kerja
2. Wawancara dengan guru dan siswa
3. Dokumen :
a. Laporan pelaksanaan supervisi proses pembelajaran secara teratur
b. Penilaian hasil belajar
c. Data pokok pendidikan semua pendidik dan tenaga kependidikan

Instrumen no 90
Bukti Fisik
1. Dokumen hasil pengelolaan SIM (data-data : Kepegawaian,kesiswaan,keuangan,sarpras,prestasi,dll).
2. Fasilitas SIM (SIM online : website,blogg,email,media sosial).
3. Surat tugas pengelola SIM (SIM tertulis : papan data dan dokumen data).
4. Laporan data dan informasi (SK operator SIM).

Newer Post Older Post Home